THR Buat OJOL? Begini Kiat-Kiatnya

Transportasi online atau kerap disebut dengan ojek online (Ojol) telah menjadi salah satu transportasi Andalan bagi sejumlah daerah di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek). Apalagi tingkat kepercayaan masyarakat terhadap jasa transportasi online ini sedang tinggi-tingginya.

Foto: Ilustrasi Ojek Online, uangonline.com

Maka tak heran kalau ojek online telah menyediakan lapangan kerja baru bagi siapa saja. Bahkan bagi para driver ojek online, keberadaan ojek berbasis aplikasi ini telah membuat perekonomian mereka meningkat.

Ada yang menjadikan ojek online sebagai sumber penghasilan utama, tapi ada juga yang menganggapnya sebagai “usaha iseng-iseng” saja. “Ah, yang penting ada pemasukan, beberapa trip sehari sudah cukup,” begitu kata penarik ojek online sambilan.

Bagi para driver “Ojol full timer”, tentu mereka ingin meraih sebanyak-banyaknya trip agar bonusnya pun luar biasa. Karena dalam setiap target trip yang bisa mereka lalui, ada bonus menanti di depan mati. Semakin banyak tingkatan trip, maka bonusnya juga akan semakin tinggi. Bahkan ada kelakar bahwa mereka rela tua di jalan, mungkin mirip nyanyian band Armada, “Pergi Pagi, Pulang Pagi”.

Konsep “pergi pagi, pulang pagi” inilah sebenarnya kurang sehat bagi para driver ojol. Sebab selain mempengaruhi kesehatan tubuhnya, ritual pergi pagi pulang pagi ini juga membuat soak motor yang mereka tumpangi.

Adakalanya driver kurang memikirkan kondisi ini sehingga kecenderungan memaksakan diri adalah keputusan yang diambil. Akibatnya, terkadang kita mendengar cerita ada driver ojol yang terkapar di jalan karena kecapean. Repotnya lagi kalau mereka sampai jatuh sakit dan dirawat, karena secara otomatis selain memangkas jumlah tabungan juga bisa menghilangkan pendapatan sama sekali.

READ ALSO  Spesifikasi dan Harga Motor Lexi 2019 Baru dan Bekas

Maka sebenaranya bagaimana sih cara agar para driver ojol bisa mendapatkan penghasilan maksimal tanpa harus memforsir tenaganya.

  1. Sayangilah badan Anda. Kita tahu bahwa tubuh kita memiliki spare part yang tidak dijual di pasaran umum. Karena itu menjaga kondisi badan jauh lebih penting daripada memforsir tubuh Anda tanpa jeda istirahat. Sebab kekuatan tubuh manusia maksimal hanya 8 saja, jadi idealnya menariklah pada jam-jam sibuk saja dimana poin Anda tetap cukup tinggi, walau hanya menarik beberapa order. Contoh Anda bisa keluar jam 5 – 8 pagi untuk mengantar anak sekolah dan karyawan berangkat, kemudian beristirahatlah. Lalu kembali keluar jam 12- 13 untuk mengantar anak sekolah atau karyawan makan siang. Dan ketiga Anda kembali keluar menuju statsiun atau pusat perkantoran pada jam 15 – 19. Kemudian beristirahatlah untuk persiapan esok hari.
  2. Dengan pola narik seperti di atas, Anda juga telah menghemat sparepart motor Anda. Kalau motor terus diforsir akibatnya banyak komponennya yang rusak sebelum waktunya. Atau paling tidak Anda harus mengganti oli atau ban jauh lebih cepat. Sementara Anda akan mustahil jika terus mengejar bonus maksimal. Buat apa bonus maksimal jika motor cepat rusak, akhirnya bengkel dan dokter yang menikmati hasil kerja keras Anda. Kalau uang itu Anda tabung, toh nanti Anda bisa menciptakan Tunjangan Hari Raya (THR) Anda sendiri.
  3. Belilah selalu produk-produk berkualitas di toko-toko onderdil yang punya jaminan seperti Planet Ban. Agar barang yang Anda beli bisa berumur cukup panjang dengan demikian Anda bisa menyisihkan uang pembelian oli atau ban yang mungkin untuk 2 kali jadi cukup satu kali ganti saja dalam sebulan. Selain itu dengan adanya program-program promo yang digelar sepanjang tahun 2018 ini, Anda bisa memangkas biaya hingga 25 persen tergantung promo yang ada. Uangnya bisa Anda tabung sebagai THR Anda kelak. Tak Cuma itu, kalau Anda beruntung bukan tidak mungkin Anda juga bisa memenangkan hadiah milyaran dalam promo Planet Ban yang digelar sampai akhir tahun 2018 ini.
READ ALSO  Plus Minus Ban Tubeless Pake Ban Dalam, Bahaya Kah?

Demikian cara mendapatkan THR bagi para pengemudi ojek online, semoga tulisan ini bisa bermafaat. Silakan Anda mempersiapkan THR Anda sendiri. (red)