Plus Minus Ban Tubeless Pake Ban Dalam, Bahaya Kah?

Ban Tubeless Pakai Ban Dalam - Speedpartsrus.com

Kini banyak pengendara sepeda motor yang mengatakan ban tubeless jauh lebih nyaman dan awet daripada ban biasa. Bagaimana dengan Anda? Tentu saja kedua jenis ban ini memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing.

Jika dilihat dari segi fisik ban tube type cenderung lebih kotak daripada ban tubeless. Untuk kecepatan yang rendah, ban tube bisa lebih enak untuk selap-selip di tengah jalanan yang padat akan mobil di jalan raya. Di sisi lain ban tubeless yang bentuknya bulat bisa memudahkan motor melaju dengan kecepatan tinggi. Untuk maneuver akan lebih enak dan stabil.

Dari segi ketahanan pun ada yang berbeda dari kedua jenis ban ini. Jika ban tube bisa bertahan hingga 2 tahun lebih, ban tubeless mungkin hanya kuat dalam kisaran 1 sampai 1,5 tahun tergantung pemakaian.

Saat terkena ranjau darat seperti paku misalnya, ban tubeless masih bisa melaju dan bertahan karena bahannya tidak mudah kempes. Namun tetap saja ada kalanya kita terkena apes di jalan tanpa pernah kita tahu kapan akan terjadi. Dan jika Anda mengalami masalah ini saat keadaan darurat, pilihan untuk menggunakan ban dalam akan selalu Anda dengar dari mas-mas bengkel 24 jam. Namun apa cara itu aman?

READ ALSO  Asuransi Mudik Secara Cuma-Cuma? Baca Dulu Sampai Habis!

Jawabannya, ya aman. Tapi ada tapinya..

Untuk keadaan darurat, menggunakan ban dalam sebagai pelapis ban tubeless merupakan solusi terbaik yang bisa Anda terima. Karena dari segi kenyamanan, Anda tidak akan merasakan perbedaan yang signifikan. Selain itu, harga yang ditawarkan pun pasti lebih murah daripada jika Anda membeli ban baru, sekitar 50 ribu rupiah.

Menurut Dwi Triono, manager technical service PT Gajah Tunggal Tbk, ban tubeless menggunakan ban dalam boleh-boleh saja bila dalam kondisi darurat. Biasanya penggunaan ban dalam di ban tubeless dilakukan bila lubang bocor yang ada di ban sudah tidak memungkinkan lagi untuk ditambal.

Misalnya jika Anda mengalami kasus ban motor bocor yang lebih dari dua lubang atau sobek di daerah ban yang dekat dengan pelek. Hal itu tentu akan sangat sulit bila ditambal, sehingga menggunakan ban dalam akan menjadi sebuah solusi yang terbaik dalam keadaan darurat.

READ ALSO  Cara Merawat Ban Motor Matic Lebih Awet

Namun di balik cepat dan murahnya memasang ban dalam, tentu ada resiko yang harus diperhatikan.

Karena pada dasarnya menggunakan ban dalam pada ban tubeless malah akan menambah bobot ban motor Anda. Hal ini bisa menimbulkan gesekan saat kendaraan dipacu kecepatan tinggi sehingga rawan kecelakaan.

Sehingga bila lubang di ban sudah parah dan sobek lebih baik diganti dnegan ban yang baru. Sebab menambal dengan ban dalam lama-kelamaan akan bocor juga. Datanglah ke gerai toko ban seperti Planet Ban! Beli ban tubeless baru yang sudah terjamin keasliannya dan langsung bisa pasang di sana tanpa biaya tambahan. Semoga bermanfaat!