Perbandingan Harga Spare Part Motor Yamaha, Honda, Suzuki 2019

Tahun 2019 nampaknya masih menjadi tahun yang ramai bagi para pemburu spare part motor. Baik jika Anda memakai motor Yamaha, Honda, maupun Suzuki, kebutuhan spare part motor tidak dapat dielakkan bila memang sudah wayahnya rusak. Umumnya ada beberapa sparepart yang sering dicari oleh para pemburu spare part motor. Di antaranya adalah gear, piston, kampas rem, kampas kopling, bohlam, v-belt dan shockbreaker. Jika kerusakan terjadi pada beberapa spare part tersebut, sebaiknya lekas diganti, sebab akan repot jadinya jika Anda menundanya. Malah biayanya membengkak ketika motor Anda sudah mengalami banyak kerusakan.

Untuk mengantisipasi kerusakan yang terjadi pada motor, kita bisa lebih dahulu memeriksa bagian sparepart-nya supaya kita bisa paham harga dari setiap sparepart. Perbandingan harga spare part motor ini bukan hanya berguna untuk Anda yang sedang mencari spare part saja, melainkan juga bisa menjadi gambaran untuk Anda yang masih ragu ketika ingin membeli motor. Sebab kemudahan dalam membeli spare part dan harga jual suku cadang pun juga wajib menjadi perhatian Anda.

Berikut akan kami sajikan perbandingan spare part secara umum untuk spare part bohlam lampu, gear, kampas rem, dan shock breaker antara motor Yamaha, Honda, dan Suzuki.

Perbandingan Harga Spare Part Motor Yamaha, Honda, Suzuki 2019 - speedpartsrus.com

Spare Part Motor Bohlam lampu

Ada berbagai hal yang bisa menyebabkan bohlam lampu motor tiba-tiba mati. Misalnya karena benturan, kabel lampu putus, dan yang paling utama adalah faktor usia dan pemakaian lampu itu sendiri. Semakin sering pemakaian lampu, semakin cepat usia bohlam lampu motor akan mati. Apalagi jika Anda mengendarai motor di Jakarta yang harus menyalakan motor siang dan malam.

Untuk bagian bohlam lampu, motor Honda BeAT nampaknya paling sering kena komplain dari pemakainya. Motor matik keluaran Honda satu ini memang banyak mendapat keluhan, sudah diganti sekali, tetap saja tetap bohlamnya cepat putus. Apakah Anda juga mengalaminya? Keluhan ini juga kerap diarahkan pada Yamaha matic seri Mio dan Suzuki Address keluaran Suzuki.

READ ALSO  Cara Menghilangkan Suara Mesin Motor Kasar saat Panas

Meski demikian tetap saja keluhan bohlam lampu bisa dialami oleh setiap motor. Jika masalahnya hanya di bohlam lampu, maka kita bisa menggantinya dengan lampu original atau bohlam lampu merk lain yang lebih bagus. Banyak yang bilang sih lampu Osram dan Philips lebih bagus.

Untuk lampu genuine parts keluaran Honda dan Yamaha, Anda bisa mendapatkan harga Rp25.000. Sementara untuk Suzuki bisa dengan harga Rp.15.000 an saja. Namun jika Anda ingin membeli lampu dengan kualitas yang lebih baik, Anda bisa memilih Osram dengan harga kisaran Rp.65.000.

Spare Part Motor Gear

Gear atau yang biasa disebut gir memiliki fungsi penting pada motor, salah satunya karena gear berfungsi sebagai penggerak roda. Komponen ini melanjutkan putaran mesin ke roda, untuk menyeimbangkan roda, dan mengatur perpindahan gigi. Ketika mengalami kerusakan di bagian gir, motor Anda akan mengalami banyak kendala.

Berbicara gear pasti berhubungan dengan rantai motor juga. Anda harus sering cek dan rawat supaya awet dan tidak sampai putus di tengah jalan. Periksa seminggu sekali misalnya. Atau buat Anda yang jarang pergi jauh pakai motor, sebaiknya perawatan dilakukan setiap 1.000 km.

Untuk harganya, tergantung dari tipe motor apa yang Anda gunakan. Sebab semakin besar performa motor, maka gear yang digunakan juga semakin besar. Hal ini juga akan berpengaruh pada harganya. Untuk satu set gear beserta rantainya, Anda harus menyiapkan kocek minimal Rp.150.000 untuk motor Yamaha, Honda, dan Suzuki.

Spare part Motor Kampas Rem

Kampas rem adalah bagian komponen yang seharusnya Anda paling perhatikan. Apalagi jika Anda sering jalan ngebut dan ngerem mendadak, kampas rem akan cepat habis. Kampas rem yang aus akan sangat berbahaya jika diabaikan. Jadi, jika Anda sudah mendengar bunyi berdecit saat mengerem sebaiknya bawa ke tempat service untuk mengganti kampas rem. Anda juga bisa beli kampas rem online.

Untuk kampas rem belakang Yamaha dibandrol sekitar Rp29.000 hingga Rp.56.000. Sedangkan untuk Honda, tersedia kampas rem (disk) cakram belakang yang dibanderol sekitar Rp. 26.000 sampai Rp.72.000 untuk Sonic 150R. Untuk kampas rem depan (disc) Yamaha, siapkan koncek minimal Rp.70.000 dan Rp.46.000 untuk motor Honda.

READ ALSO  Tips Modifikasi Supra 125 Minimalis Buat Touring

Untuk keluaran Suzuki, Suzuki Smash 110 bisa menggunakan Kampas Rem depan seharga Rp.23.000, sementara untuk kampas rem belakang termurah bisa Anda dapatkan dengan harga Rp.20.000 untuk motor Suzuki Shogun 125R.

Spare Part Motor Shockbreaker - speedpartsrus.com

Spare Part Motor Shockbreaker

Untuk membuat Anda duduk dengan nyaman, shockbreaker harus dirawat sebaik mungkin.

Sebab jika shockbreaker rusak, Anda akan merasakan guncangan yang membuat tidak nyaman bahkan jadi sulit mengendalikan motor. Biasanya, jenis kerusakan yang terjadi pada shockbreaker adalah oli yang bocor karena seal yang sobek. Jika sudah begini, maka gantilah shockbreaker Anda.

Untuk versi motor BeAT dan motor matic Honda lainnya, Anda bisa mendapatkan satu set shockbreaker resmi Honda dengan harga kisaran Rp.405.000. Dan Rp.510.000 untuk Honda Mega Pro. Sedangkan untuk motor Suzuki orisinil, harga termurah adalah Rp.195.000 untuk Suzuki Spin, dan termahal untuk Suzuki Thunder 125 seharga Rp610.000. Tidak lengkap jika tidak membahas Yamaha ya, satu set shockbreaker orisinil set Yamaha untuk Mio hanya Rp180.000 dan yang termahal adalah untuk RX-King sampai 425.000. Untuk jenis motor yang tidak tertera, Anda dapat menyimpulkan bahwa harga shockbreaker yang Anda butuhkan berada di rentang harga terendah dan tertinggi.

Itulah perbandingan yang dapat kami bagikan untuk membedakan sparepart motor Honda, Yamaha, dan Suzuki. Harga yang kami ambil merupakan informasi dari situs resmi, market place, dan beberapa blog sebagai referensi tambahan. Harga pun dapat berubah dan menyesuaikan dengan tempat dimana Anda tinggal. Semoga bermanfaat!