Mengenal Apa Itu Kopi Kalosi Toraja

Selain kopi luwak dan gayo, Tana Toraja juga memiliki komoditas kopi yang sudah diekspor dan terkenal di beberapa negara lain di dunia. Mulai dari jepang, Amerika Serikat, dan negara di Eropa khususnya Eropa Utara seperti Denmark dan Islandia. Bahkan, kopi dari tana toraja sudah dipatenkan oleh salah satu perusahaan di jepang yang bernama Key Coffee sejak 2005 lalu. Dan hampir 40 % kopi yang berada di jepang adalah Kopi Toraja yang ternyata masih dianggap sebagai salah satu produk branded oleh orang-orang jepang. Hal itu disebabkan karena, kopi asli Toraja ini memiliki cita rasa yang khas sehingga disukai oleh para penggemar kopi di luar negeri. 

Di Indonesia sendiri, Kopi Toraja lebih dikenal dengan nama kopi kalosi toraja. Padahal, Kalosi adalah nama sebuah daerah lain yang jauh dari Toraja. Lalu apa itu kopi kalosi toraja? Berikut penjelasan lengkapnya. 

apa itu kopi kalosi toraja

Karakteristik Kopi Toraja

Kopi Toraja memiliki beberapa karakteristik yang membedakannya dengan kopi dari jenis lainnya. Pertama, memiliki bentuk dan ukuran yang tidak teratur. Kedua, berwarna coklat tua. Ketiga, memiliki dua tipe yaitu Arabika dan Robusta. Cita rasa yang dihasilkan kopi Arabika sangat tajam dengan aroma harum yang memikat. Kopi Arabika Toraja juga sering disebut sebagai “Queen of Coffee” dengan ciri khas aroma seperti aroma tanah (earthy). Sedangkan untuk Robusta memiliki cita rasa yang lembut dan aroma yang tidak terlalu harum. Karakteristik lainnya adalah tingkat keasaman yang rendah sehingga tidak membuat mual saat diminum. 

READ ALSO  Biaya dan Pengajuan Buka Franchise Bengkel Motor Honda 2020

Proses Pengolahan

Biji kopi yang sudah sangat tua dan siap untuk dipanen memiliki ciri berwarna merah tua. Setelah dipetik, kemudian diolah dengan menggunakan metode giling basah atau wet-hull method. Setelah itu, biji kopi disangrai dan diamkan selama beberapa hari ke depan sebelum sebelum dihaluskan. Tujuannya adalah agar kopi mengeluarkan kualitas terbaiknya. Dan setelah dihaluskan kopi bisa dinikmati dengan cara apapun sesuai selera masing-masing. Buat anda yang menyukai kopi pekat, anda bisa menyajikannya dengan metode espresso atau tubruk. Sedangkan buat anda yang menyukai kopi dengan tekstur rasa yang ringan maka anda bisa menyeduhnya dengan metode pour over. 

Apa Itu Kopi Kalosi Toraja

Kalosi merupakan nama sebuah daerah penghasil kopi yang berada di Kabupaten Enrekang, Provinsi Sulawesi Selatan. Green been dari kopi kalosi ini dijual di beberapa daerah sekitar termasuk Makale dan Toraja. Karena itulah sering terjadi kesalahan dalam penamaan dan banyak yang menyebut kopi kalosi sebagai Kopi Kalosi Toraja. Bahkan, banyak sekali kafe atau roastery yang menjual produk kopi ini dengan nama Kopi Kalosi Toraja. Padahal, Kalosi dan Toraja adalah dua daerah yang berbeda. Sehingga jika menganut daerah asal kopi (single origin) harusnya penamaannya tidak digabung, cukup menggunakan nama daerah asalnya saja.  Sama seperti kopi asli toraja, Kopi Kalosi dari varietas arabika juga menjadi salah satu komoditas ekspor kopi terbesar dan sangat digemari oleh masyarakat jepang.

READ ALSO  Tips Modifikasi Supra 125 Minimalis Buat Touring

Jadi, sudah bisa dipahami apa itu kopi kalosi toraja dan apa bedanya dengan kopi toraja biasa? Selanjutnya anda perlu tahu karakteristik kopi kalosi enrekang.  

apa itu kopi kalosi toraja

Karakteristik Kopi Kalosi Enrekang

Kopi kalosi memiliki karakteristik yang hampir mirip dengan kopi asli toraja. Pertama, memiliki ukuran body yang medium dengan campuran rasa rempah-rempah. Kedua, memiliki rasa fruity (masam) yang segar.  Ketiga, flavour note dari biji kopi kalosi enrekang ini mirip dengan dark cherry atau orange dengan rasa manis yang bisa tahan cukup lama di mulut (lingering aftertaste). Dan yang perlu menjadi catatan adalah cita rasa kopi akan berbeda jika tidak diproses secara tepat. Proses pemetikan, pencucian, pemanggangan yang buruk akan membuat rasa kopi menjadi hambar dan juga apek. 

Namun, anda tidak perlu khawatir. Buat anda yang penasaran dan ingin mencoba kopi kalosi Enrekang maupun kopi toraja dengan kualitas terbaik anda bisa membelinya dengan mudah di kopidistributor.com. Dengan penanganan dan pengolahan yang tepat dijamin cita rasa kopi yang dihasilkan akan begitu nikmat dan sesuai dengan yang anda harapkan.