Masalah Saringan Udara Motor yang Harus Diganti

Selain oli, ada satu hal yang harus diperhatikan para pemilik motor matic. Yakni filter motor yang bertugas menyaring udara sebelum masuk ke dalam karburator atau throttle body. Sayangnya banyak pengendara motor yang mengabaikan keberadaan filter ini. Padahal ada pengaruh negatif yang mengintai performa motor jika filter udara tidak segera diganti. 

Filter udara merupakan komponen yang memiliki umur pemakaian dan harus diganti secara periodik. Persis seperti oli mesin meski intensitasnya tidak sesering oli.

Masalah Saringan Udara Motor yang Harus Diganti - speedpartsrus.com

Apa yang akan terjadi jika filter udara dibiarkan kotor?

Filter udara yang dibiarkan kotor tentu akan sangat berpengaruh pada performa motornya. Di antaranya tarikan motor menjadi berat karena udara yang masuk ke dalam mesin jadi terhambat. Selain itu bahan bakar juga jadi boros karena pencampuran udara tidak seimbang. Dan yang paling parah adalah dapat merusak sensor-sensor di sekitar throttle body karena udara yang tidak tersaring langsung masuk ke dalam ruang bakar lalu mengendap di sana.

Kapan filter udara motor harus diganti?

Mengganti filter udara tidak dapat ditentukan waktunya berdasarkan hari atau bulan. Melainkan berdasarkan berapa jarak dan kondisi jalanan yang Anda tempuh. Misal, jika Anda biasa menggunakan motor di perkotaan yang banyak polusi, tentu harus lebih cepat mengganti filter udara dibandingkan Anda memakai motor di daerah pedesaan yang asri.

Terdapat tiga jenis filter udara berdasarkan tipe bahannya, yakni tipe busa, tipe kering dari kertas, dan tipe basah dari kertas. Ketiga jenis ini memiliki batas usia yang berbeda.

READ ALSO  Biaya dan Pengajuan Buka Franchise Bengkel Motor Honda 2019

Tipe busa. Filter ini merupakan saringan udara yang terbuat dari busa. Tipe busa memiliki interval penggantian yang cukup lama yakni sampai 16.000 km. Filter ini juga bisa dirawat dengan mudah yakni dicuci dengan sabun untuk membersihkan partikel-partikel kotoran, khususnya oli yang menempel. Meskipun demikian tetap saja akan terjadi perubahan struktur pori-pori jika dicuci, apalagi jika dikeringkan dengan angin bertekanan tinggi. Karena itu, perlu basahi dengan oli lagi untuk menangkap partikel yang dibawa oleh udara.

Tipe kering dari kertas. Filter udara ini biasanya lebih cepat kotor dan hanya bisa menampung sampai 10.000 km. Untuk mendeteksinya, secara kasat mata filter udara ini bisa dilihat sudah kotor atau belum. Tipe kering ini tidak diberi pelumas dan bisa dibersihkan yakni dengan angin kompresor setiap servis. 

Tipe basah dari kertas. Filter udara ini mirip dengan tipe kering yang terbuat dari kertas, namun bedanya terdapat pelumas pada kertas ini. Kelebihan dari tipe basah adalah bisa digunakan sampai 15.000 km, namun tetap saja tergantung pada kondisi jalannya. Jika sangat kotor dan berdebu, bisa-bisa 2.000 km aja sudah harus dibersihkan. Meski bisa dibersihkan, banyak pula yang tidak percaya filter basah ini bisa dibersihkan. Pasalnya setelah dibersihkan, kekuatan motor jadi melemah. Jadi, banyak orang yang memilih mengganti filter ini dengan tipe lainnya.

READ ALSO  Perbandingan Harga Spare Part Motor Yamaha, Honda, Suzuki 2019

Untuk mengetahui tanda-tanda filter udara harus diganti, maka Anda perlu memeriksa ini!

Pertama, filter udara penuh dengan debu. Tentu saja, tanda pertama yang bisa kita lihat dengan mudah adalah melihat fisik filter udara tersebut. Kedua, lapisan minyak pada filter udara tidak ada. Biasanya lapisan ini hilang karena kecerobohan pengguna saat mencuci motor dengan air sabun dan menyemprotkan bagian filter dengan keras. Ketiga, periksa apakah kertas pada filter udara sobek? Biasanya robek kertas pada filter udara terjadi karena filter tersebut telah lama dipakai. Atau bisa jadi karena sengaja disobek pengguna motor tersebut supaya motor berasa tambah kencang larinya. Dan yang terakhir, kerusakan pada filter udara bisa dideteksi dari lampu indikator motor yang terus berkedip.

Penggantian saringan udara secara rutin pastinya dapat mengantisipasi kerusakan dini pada motor Anda. Pilihlah saringan udara yang berkualitas agar motor Anda tetap nyaman dikendarai sehari-hari.