Cerdas Beli Spare Part Motor Bekas, Ini Tipsnya!

Cerdas Beli Spare Part Motor Bekas - speedpartsrus

Ada kalanya spare part dan komponen motor kita ada yang bermasalah. Sebenarnya gampang-gampang aja sih, yang rusak tinggal diganti saja dengan yang baru. Tetapi beberapa spare part mungkin harganya cukup mahal bila harus diganti dengan spare part yang baru. Apalagi kalau semua yang ingin diganti spare part yang asli semua. Duh, bisa-bisa uang bisa habis dalam sekejap.

Untuk mengakalinya, spare part motor bekas pun bisa menjadi pilihan. Toko-toko spare part ini pun bisa ditemui di beberapa titik di daerah Jakarta. Tentu bukan hal yang aneh jika Anda berbelanja di tempat ini sebab banyak juga orang yang akhirnya membeli spare part bekas untuk menghemat biaya.

Tetapi, membeli barang bekas tentu harus banyak yang dipertimbangkan. Sebab barang bekas pasti memiliki beberapa masalah tersendiri karena itulah si pemilik menjual spare partnya. Malah kalau Anda tidak teliti dalam membeli, Anda bisa terkena apes dan rugi yang lebih besar. Nah, karena itu sebelum membeli Anda harus memperhatikan hal-hal berikut ini!

 

Cerdas Membeli Spare Part Bekas - Speedpartsrus

Pahami komponen apa yang butuh diganti

Untuk mengetahui apa yang perlu Anda ganti, lakukan pengecekan pada motor Anda. Jika sekiranya saat dihidupkan atau dijalankan ada tarikan yang berbeda, maka komponen itulah yang bermasalah. Atau jika Anda kurang paham tentang spare part motor, Anda bisa ke bengkel dulu untuk bertanya-tanya.

Memahami komponen apa yang harus diganti tentu sangat penting dan memudahkan Anda dalam membeli spare part bekas.

 

Cari di mana pusat penjualan spare part bekas terdekat

Ada beberapa pusat penjualan spare part bekas yang sudah dari jaman lawas bertengger di sekitar ibu kota. Pasar-pasar onderdil dan spare part ini pasti akan menjadi surganya para pencari spare part bekas. Sentra penjualan spare part bekas yang bisa Anda datangi antara lain Asem Reges, Pasar Poncol Senen, Jalan Raya Bogor, Kramat Jati, dan Pal Merah. Selain itu ada juga sentra otomotif Tanah Abang dan Jalan Jati Baru, sentra spare part Kebon Jeruk 3, Sentra Pasar Minggu, Jalan Raya Lenteng Agung, Jalan Mampang Prapatan. Nah, dimana lokasi yang paling dekat dengan wilayah Anda?

READ ALSO  7 Bahaya Sering Bongkar Karburator Motor

 

Perhatikan fisik dan kualitas spare part yang akan dibeli

Spare part bekas tentu akan kalah jauh kualitasnya dengan spare part yang baru. Namun bukan berarti Anda tidak bisa mendapat yang bagus di pasar spare part bekas. Nah, di sinilah ketelitian Anda diuji. Perhatikan fisik dan kualitas spare part yang akan dibeli. Juga tanyakan harganya, apakah menurut Anda harga dan kualitasnya masih layak untuk dibeli.

 

Cerdas Membeli Spare Part Bekas - Speedpartsrus

Tawar harga selagi bisa

Karena bekas, ada kemungkinan harganya masih bisa Anda nego. Jika sekiranya harga spare part yang hendak Anda beli terlalu mahal, sebaiknya tawar dulu. Namun jika Anda merasa harganya masih kurang cocok maka cari penjual lain.

Yang patut diperhatikan adalah jangan sekali-kali tergoda dengan harga yang murahnya tidak masuk akal. Karena bisa jadi, harga yang sudah dibanting tidak akan bisa Anda gunakan lagi.

 

Iseng lah bertanya kenapa spare part tersebut dijual pada lapak

Tips cerdas selanjutnya adalah jangan malu bertanya alasan spare part itu dijual pada si lapak. Tidak ada salahnya kok untuk bertanya. Malah dari jawaban yang ia berikan, Anda bisa menilai apakah spare part bekas tersebut layak Anda beli atau tidak. Jika alasan yang diberikan logis, maka lanjutkanlah transaksi Anda.

READ ALSO  Ban Anti-Licin Saat Hujan, 3 Hal Ini Harus Kamu Lakukan Agar Berkendara Aman Saat Hujan

Cerdas Membeli Spare Part Bekas - Speedpartsrus

Beli spare part bekas online?

Jaman sekarang, semuanya bisa Anda beli secara online. Namun amankah membeli spare part bekas secara online? Membeli spare part bekas online tentu ada risikonya tersendiri. Sebab Anda tidak dapat memegang dan melihat langsung barang yang hendak dibeli. Jadi ada kemungkinan Anda mendapat spare part dengan kualitas yang rendah. Namun jika Anda tetap ingin bertransaksi online, pilihlah layanan COD. Sehingga Anda bisa membayar setelah barang dikirim ke rumah Anda.

Itulah cara cerdas membeli spare part bekas yang bisa Anda terapkan sebelum membeli. Membeli spare part bekas tentu ada untung-ruginya. Keuntungannya Anda bisa mendapatkan harga yang jauh lebih miring dibandingkan harga aslinya. Namun ada pula kemungkinan spare part tersebut akan merusak komponen yang lainnya. Namun, yang lebih penting adalah, rawat motor Anda secara rutin agar terhindar dari kerusakan berat. Tentu ini akan lebih baik daripada Anda harus mencari spare part untuk mengganti komponen motor Anda. Servislah di tempat yang terpercaya, di Planet Ban misalnya. Di Planet Ban Anda dapat melakukan servis dan mengganti ban motor dengan aman dan tanpa antri! Anda pun dapat berkonsultasi dengan nyaman pada mekanik yang ada di Planet Ban. Daripada mengobati, lebih baik mencegahnya dulu ‘kan?

 

Baca juga: