Cara Merawat Ban Motor Matic Lebih Awet

Sebagai rider harian, kadang kita lalai memperhatikan kondisi ban motor kita. Ya, lumrah halnya jika Anda hanya punya sedikit waktu untuk mengurus motor karena terlalu sibuk bekerja. Padahal pengecekan ban merupakan hal yang sangat penting untuk memberi rasa aman saat berkendara.  

Tahukah Anda, jika pengecekan ban jarang dilakukan bisa-bisa kondisi ban yang semakin parah akan mencelakakan penggunanya. Kalau sudah begini, siapa yang patut disalahkan? Tentu diri kita sendiri sebagai pemilik motor. Memang kalau dipikir-pikir, merawat motor sama halnya dengan merawat tubuh kita sendiri. Kesehatan itu mahal ‘kan?

Jika setidaknya kita bisa berkorban sedikit untuk pengecekan ringan ini, Anda tentu tidak perlu menghabiskan waktu dan uang yang banyak. Cek ban motor matic secara berkala akan mempermudah pekerjaan Anda. Sebab jika kita merawat ban kendaraan kita secara teratur, ban kendaraan akan lebih awet dan tak cepat rusak.

Lalu, bagaimana caranya merawat ban motor matic supaya lebih awet? Simak tips berikut ini!

 

Sesuaikan ban dengan ukuran velg AndaCara Merawat Ban Motor Matic Lebih Awet - speedpartsrus.com

Hal pertama yang sering diabaikan oleh sejumlah pengguna motor adalah lalai memperhatikan ukuran ban dengan velg. Padahal pabrik sudah mengeluarkan aturan tertentu untuk setiap produk yang dikeluarkan. Namun terkadang kita sebagai pemilik suka memodifikasi tanpa memperhitungkan hal tersebut, akibatnya kerja ban jadi lebih berat dan laju kendaraan ikut terkendala. Efek sampingnya selain kerap merusak ban, juga membuat boros kendaraan yang Anda pakai.

 

Selalu rutin periksa tekanan kondisi ban

Cara Merawat Ban Motor Matic Lebih Awet - speedpartsrus.com

Ban yang sudah lama dipakai akan ada masanya untuk aus. Lalu, bagaimana caranya supaya ban motor yang kita gunakan tidak cepat aus adalah dengan melakukan cek ban secara berkala. Dengan membiasakan diri mengecek tekanan angin pada ban, membuat tekanan akan stabil dan menyebabkan kerja ban akan semakin ringan. Selain itu Anda juga dapat terhindar dari kecelakaan yang tidak kita inginkan akibat gesekan ban dan aspal yang membuat ban cepat panas dan akhirnya meletus tanpa Anda perkirakan. Tekanan ban yang ideal biasanya tercantum pada stiker di bagian dalam pintu mobil atau chasis motor Anda. Sebaiknya pengukuran tekanan ban dilakukan saat ban dalam keadaan dingin dan jangan dalam keadaan panas. Hal ini dimaksudkan agar saat pengecekan, tekanan ban Anda dapat diukur secara optimal.

Motor matic dengan bobot ringan membutuhkan tekanan angin pada roda depan sekitar 28 sampai 30 PSI (pounds per square inch). Artinya, Anda bisa menggunakan 28 PSI jika sepeda motor Anda lebih sering digunakan sendiri, sementara tekanan angin 30 PSI adalah jika motor Anda digunakan untuk berboncengan atau menanggung beban berat.

Untuk roda belakang motor matic dan bebek, tekanan yang dipakai sekitar 34 – 36 PSI. Sama seperti di atas, tekanan 34 PSI untuk berkendara sendiri dan 36 PSI adalah untuk pengguna yang berboncengan atau membawa beban tambahan.

 

Cek kondisi pentil ban kendaraan

Cara Merawat Ban Motor Matic Lebih Awet - speedpartsrus.com

 

Coba cek kembali, apakah di ujung tutup angin ban Anda masih terpasang pentil dengan benar? Ini penting sebab jika pentil ban kita tidak dalam keadaan tertutup akan menyebabkan berkurangnya tekanan angin pada kendaraan saat roda berputar. Dan jika hal ini terus dibiarkan dalam waktu yang lama, maka performa ban pada roda kita akan menurun dan kerja ban jadi lebih berat. Dan seperti sudah dijelaskan di atas bahwa berkurangnya tekanan akan membuat ban jadi cepat aus.

 

Perhatikan juga bobot beban yang akan diangkut oleh motor matic Anda

Cara Merawat Ban Motor Matic Lebih Awet - speedpartsrus.com

Pernah melihat pengendara yang membawa barang hingga membumbung tinggi? Inilah salah satu hal yang sering menjadi masalah sering rusaknya motor Anda. Karena beban yang berlebihan itu dapat menyebabkan tekanan ban semakin besar dan sangat berbahaya. Maka idealnya kita tidak mengangkut barang dalam jumlah yang terlalu banyak. Jika memang harus membawa boncengan yang berat, sebaiknya lakukan secara mencicil.

 

Jangan terobos jalan berlubang

Cara Merawat Ban Motor Matic Lebih Awet - speedpartsrus.com

Siapa pula yang ingin menerjang jalan berlubang? Mungkin itulah yang Anda pikirkan. Yup, sebaiknya perhatikan benar-benar jalan yang Anda lalui, terutama yang perlu Anda hindari adalah jalan-jalan berlubang. Ada kalanya kita sering menerjang lubang yang ada pada jalan. Alasannya tidak melihat atau sudah tanggung. Padahal dengan menerjang lubang secara perlahan akan merusak ban Anda. Bahkan jika “terobosan” yang Anda lakukan terhadap lubang menyebabkan guncangan cukup keras akan membuat ban Anda jadi benjol-benjol atau ban jadi tidak seimbang lagi. Karena itu sebisa mungkin hindari lubang pada jalan yang Anda lalui.

Itulah beberapa cara penting yang perlu Anda perhatikan dalam merawat ban motor matic lebih awet. Semoga bermanfaat!