Info Lomba Foto Gratis Planet Ban #RASAMESINBARU

lomba foto planet ban - speedpartsrus.com

Hola halo para pemburu lomba, kali ini Speedpartsrus mau kasih info lomba gratis / kontes foto gratis / lomba foto gratis / buat kalian yang suka motor plus suka foto-foto juga! Kuisnya diadakan oleh Planet Ban dengan tajuk #RASAMESINBARU! Kalian bisa memenangkan uang tunai senilai 4,5 juta rupiah untuk 20 orang, lumayan banget nggak sih? Iya lah!

 

Syaratnya sebagai berikut;

 

  1. Temukan materi promo Servis Motor #RASAMESINBARU berupa Gate Pit Stop atau Balon Dancing di toko Planet Ban atau iklan papan motor / jendela mobil
  2. Buat foto selfie atau wefie bersama teman-teman kamu di materi promo Servis Motor #RASAMESINBARU tersebut. Contoh:

lomba foto planet ban - speedpartsrus.com

Pastikan motor atau mobil sedang dalam keadaan diparkir / berhenti total. Foto saat kendaraan sedang berhenti sementara (contoh: lampu merah), tidak disarankan dan tidak dihitung.

lomba foto planet ban - speedpartsrus.com

 

  1. Posting foto kamu di akun social media Facebook / Instagram / Twitter (tidak dikunci) dengan caption yang orisinil (tidak menjiplak) dan semenarik mungkin
  2. Wajib tag dan mention akun @PlanetBan serta lengkapi tagar #RASAMESINBARU di caption.

 

Kreteria penilaian akan meliputi:

 

Ide kreatif konten (image) – 50%

Caption yang kreatif – 20%

Keaslian akun – 10% (akun palsu tidak akan dimasukan penilaian)

Jumlah like konten – 10%

Akan ada 20 pemenang yang akan mendapat total hadiah 4,5 juta rupiah dengan detail:

 

 

Total hadiah senilai 4,5 juta rupiah yang akan dibagi menjadi:

 

5 terbaik pertama : 500 ribu / orang

5 terbaik kedua : 200 ribu / orang

10 terbaik ketiga : 100 ribu / orang

 

 

Gimana, udah mulai gatel ikutan kontes fotonya? Buruan cari promo #rasamesinbaru dan jangan lupa rasain juga dong layanan #rasamesinbaru di gerai Planet Ban terdekat! Udah banyak yang buktiin keuggulannya yang pasti bikin motor kalian lebih enteng dan serasa mesin baru lagi. Periode Kontes Foto #RASAMESINBARU ini akan berlangsung mulai 20 Desember 2018 hingga 31 Januari 2018. Jadi, jangan sampai ketinggalan ya quiz hunters!

(artikel ini disponsori: Kontes Foto Rasamesinbaru)

Ban Michelin untuk Musim Hujan, Bagus Nggak sih?

Ban Michelin untuk Musim Hujan, Bagus Nggak sih?

Saat musim hujan tiba, harus rajin-rajin nih periksa komponen kendaraan motor Anda. Sebab kenyamanan dan keamanan motor Anda idealnya tetap harus betul-betul diperhatikan, mengingat jalan yang akan dilalui sangat jauh berbeda dengan kondisi di saat kering. Salah satu yang perlu diperhatikan dalam kondisi seperti ini adalah jenis ban motor yang anda gunakan. Kenapa? Karena setiap jenis ban punya karakter yang berbeda berdasarkan kondisi iklimnya. Bagaimana dengan ban Michelin?

Bicara tentang kelebihan ban motor Michelin, jangan diragukan lagi sebab Michelin adalah brand ban motor yang selalu identic dengan produk berkualitas. Belum lagi tingkat ketahanannya, bisa dibilang tahan lama dan aman untuk berkendara.

Ban Michelin memiliki beberapa jenis, salah satunya adalah Michelin Pilot Street. Michelin mengklaim ban ini dapat meningkatkan kenyamanan berkendara Anda sehingga sangat dapat diandalkan untuk penggunaan musim hujan. Desain terinspirasi dari sepeda motor balap Michelin berupa cekungan alur tapak ban yang melintang dari tengah ke pinggiran ban. Sehingga jangan khawatir ketika Anda menerobos genangan air.

Masih belum yakin? Michelin Pilot Street tipe Radial sudah sangat teruji lho. Hasil tes yang dilakukan lembaga Independen Maua Institute of Technologi Brazil membuktikan Michelin Pilot Street Radial memiliki daya tahan 30% lebih tinggi dari produk competitor sejenisnya, ban motor radial single compound. Hasil tes dari DEKRA, Global Test Center di Eropa juga menyatakan bahwa Michelin Pilot Street Radial punya wet grip terbaik dari sekian ban yang sudah diuji.

michelin ban - speedpartsrus.com

Saat jalanan bergelombang maupun saat pengereman, Michelin yang telah menggunakan HMLS menghasilkan kemampuan daya cengkram yang optimal. Jadi tidak perlu khawatir lagi kan?

Kelebihan lain yang pasti bikin Anda bergembira adalah usianya awet serta harga termasuk terjangkau. Apalagi saat ini lagi ada Planet Michelin Super Discount 18.12!

Bukan cuma untuk Michelin Pilot Street dan Radial aja, super discount ini juga berlaku untuk Michelin City Grip. Udah tau kan Michelin Grip ini kelebihannya apa? Michelin City Grip didesain khusus untuk jalur perkotaan. Jadi ketika misalnya Anda jalan dengan kecepatan 100 kilometer per jam lalu rem mendadak, ban tidak akan banyak bergeser dari arah semula. Ban ini juga sangat ajib dibawa pada kondisi jalan yang banyak lubang dan berkerikil. Namun tetap harus waspada ya!

Selain ketiga jenis ban di atas ada juga Michelin Pilot Power 3 Radial dan Michelin Pilot Road 4 Radial yang udah terbukti punya kualitas terbaheeiikk baik saat jalanan kering maupun basah. Gimana, udah nggak sabar ganti ban jadi Michelin? Ganti di toko yang udah terpercaya aja. Jangan lupa tetap nomor satukan keselamatan berkendara ya!

Cara Menghilangkan Suara Mesin Motor Kasar saat Panas

Cara Menghilangkan Suara Mesin Motor Kasar saat Panas

Bagaimana kondisi suara motor Anda saat dipakai sehari-hari? Sebagian orang mungkin menjawab, ya masih normal-normal saja. Selama suara klotok-klotok ini  tidak mengganggu orang lain, masih normal kan? Tapi jika Anda adalah seorang yang cukup perhatian, pasti akan langsung ‘ngeh’ bila suara tidak lagi seperti sedia kala. Jika sudah muncul pertanda ini maka Anda harus persiapkan hati apabila sewaktu-waktu motor kian parah kondisinya. Ambil tindakan segera saat suara mesin motor Anda kasar ketika motor sedang panas.

 

Suara motor kasar

Seperti apa sih suara motor yang kasar? Anda bisa melakukan analisa dasar untuk memastikan apakah motor Anda sudah termasuk dalam tanda-tanda kerusakan dini. Pertama, bila suara kasar timbul dari bagian depan mesin, itu berarti ada pemakaian abnormal pada kendaraan Anda. Namun tidak menutup kemungkinan memang umur kendaraan Anda yang sudah menua. Kedua, suara kasar atau anomaly yang terjadi di bagian kanan mesin terdengar seperti ada yang lepas atau longgar. Hal ini juga bisa Anda temui di motor Vario dan motor-motor matic lainnya. Banyak kasus yang mengeluhkan motornya mengeluarkan bunyi kasar atau berisik di sekitar CVT belakang ketika motor keadaan langsam atau idle.

 

Penyebab suara mesin motor kasar

Kondisi suara mesin yang kasar saat motor panas disebabkan oleh beberapa hal utama, yakni akan diuraikan sebagai berikut.

 

Kerusakan CVT

Sebelum masuk pada mesin, mari kita bahas sumber bunyi pertama yang biasanya berasal dari CVT. Jika Anda merasakan ada persinggungan gigi yang kurang pas dan suara kasar terasa di setiap rotasi putaran mesin (RPM) maka sebenarnya Anda sudah tau ada dimana permasalahan ini berasal. Yup! Suara kasar tersebut diakibatkan oleh part slider yang ada pada komponen CVT alias continuously variable transmission di bagian primary. Masalahnya adalah part peredam atau damper yang dipakai secara terus menerus mengakibatkan terjadinya deformasi atau perubahan bentuk. Sehingga damper bisa oblak dan bersinggungan dengan gigi.

 

Kurang oli mesin

Cara paling mudah untuk menganalisa suara kasar pada motor adalah dengan memeriksa oli mesinnya. Oli mesin pada dasarnya bertugas melapisi komponen mesin yang bergesekan saat dinyalakan. Nah, jika kondisinya oli mesin motor Anda kurang, maka oli tersebut tidak bisa melapisi seluruh komponen mesin yang bergesekan itu. Sehingga komponen mesin yang bergesekan tanpa dilapisi oli akan menghasilkan bunyi pada motor Anda. Bunyinya akan terasa bersumber dari area kepala silinder.

 

Tensioner yang rusak

Ada penyebab lain yang dapat menyebabkan suara motor Anda kasar saat kondisi panas. Yakni pada komponen tensioner yang rusak. Apa itu tensioner? Tensioner merupakan komponen pada mesin motor yang fungsinya adalah untuk menjaga ketegangan rantai agar sesuai dengan yang dibutuhkan oleh mesin. Jika tensioner rusak, maka hal terparah bisa-bisa mengakibatkan pergeseran posisi gear noken akhirnya menyebabkan piston dan payung klep bertabrakan.

 

Cek apakah ring dan stang seher bermasalah

Kondisi permasalahan lain yang bisa memunculkan suara kasar adalah karena ring dan stang seher bermasalah. Ring dan stang seher sendiri adalah komponen mesin motor untuk menahan kompresi yang terjadi pada mesin. Kalau komponen motor tersebut bermasalah maka kompresi motor menjadi tidak teratur, akhirnya muncul bunyi berisik di motor.

 

Masalah pada piston

Piston adalah komponen yang sangat penting di dalam mesin, sebab piston dibutuhkan untuk membentuk ruang bakar kendaraan. Jika pada bagian ini bermasalah maka dapat membuat motor Anda berbunyi kasar. Misalnya kondisi piston yang berbenturan dengan klep masuk dan klep keluar dapat menyebabkan bunyi berisik dan cenderung kasar apalagi jika motor dalam kondisi panas.

 

Cara Menghilangkan Suara Mesin Motor Kasar saat Panas

Sebenarnya masalah motor bersuara kasar ini adalah akibat dari jarangnya perawatan motor yang Anda lakukan. Dengan kata lain karena motor Anda tidak diservis secara rutin, betul tidak? Jadi, sebelum kondisi motor Anda lebih banyak bermasalah kedepannya, lebih baik segera melakukan servis dan biasakan merawat kendaraan Anda setidaknya sebulan sekali (tergantung pemakaian). Tidak perlu khawatir untuk melakukan servis ini sebab Anda bisa melakukan servis motor di bengkel yang sudah terpercaya, seperti di Planet Ban.

Servis di Planet Ban dilakukan dengan sangat sederhana namun hasilnya sangat maksimal. RPM mesin dipacu secara bertahap dengan cairan chemical khusus berupa auto clean-up yang dicampur dengan bahan bakar serta cairan tune-up yang dicampur dengan sisa oli mesin.

 

Belum paham dengan cara kerja cairan clean-up dan tune-up?

Begini, setelah cairan auto clean-up dan auto tune-up dicampurkan ke dalam bahan bakar dan oli mesin, selanjutnya mesin motor akan dipanaskan. Hal ini bertujuan untuk memanaskan ruang bakar dan ruang penyimpanan oli. Selanjutnya, gas motor atau RPM akan ditarik sehingga mesin motor akan terpacu. Jadi suara mesin motor kasar Anda tidak akan pernah terdengar lagi. Suara mesin jadi halus, enteng, bersih, dan awet. Jika suara mesin motor Anda sudah tidak kasar lagi maka tarikan motor pun nantinya jadi lebih enteng dan enak dikendarai. Sesuai dengan namanya, motor Anda jadi ber #rasamesinbaru

 

Layanan ini baru saja diluncurkan awal Desember ini dan dilakukan di 5 kota besar di Indonesia, yakni di Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Denpasar. Info lengkapnya silakan langsung datang ke gerai Planet Ban Anda yang terdekat.

5 Tanda Mesin Motor Injeksi Mulai Rusak

5 Tanda Mesin Motor Injeksi Mulai Rusak

5 Tanda Mesin Motor Injeksi Mulai Rusak – Ketakutan bahwa mesin motor mulai mengalami kerusakan seringkali menghantui kita para rider yang setiap hari harus beraktifitas dengan motor. Kalau motor yang menggunakan teknologo EFI atau electronic fuel injector biasanya memiliki lampu indikator sebagai penanda jika mesin motor mulai rusak. Lampu indikator ini ada di bagian panel speedometer dan bernama MIL (Malfunction Indicator Light).

Motor dengan teknologi EFI, menerapkan sensor-sensor tertentu dimana sensor-sensor ini bisa dimonitoring melalui MIL. Jadi jika ada tanda-tanda kerusakan, MIL akan berkedip. Jumlah kedipan akan menunjukan kode di bagian mana terjadi kerusakan sensor.

Selain melihat MIL, anda juga bisa merasakan tanda-tanda mesin motor mulai rusak. Berikut beberapa tanda yang bisa anda rasakan saat terjadi kerusakan pada mesin injeksi.

Tanda Mesin Motor Injeksi Mulai Rusak

Tarikan gas yang tidak stabil

Kerusakan pertama yang biasanya terjadi pada motor dengan teknologi injeksi adalah tarikan gas yang terasa tidak stabil. Tarikan gas yang tidak stabil ini akan membuat tidak nyaman dan jika anda merasakannya, pastikan untuk segera mengeceknya ke bengkel karena ini merupakan tanda awal mesin motor mulai rusak.

Tarikan gas yang terasa tidak stabil ini bisa disebabkan beberapa hal. Bisa karena filter udara pada motor yang rusak. Filter udara yang rusak akan membuat udara yang masuk dalam mesin menjadi kotor. Jika udara kotor, proses pembakaran tidak akan optimal sehingga gas rasanya seperti tersendat dan tenaga mesin akan berkurang.

Selain masalah filter udara yang sudah rusak, setingan jarak renggang busi juga bisa menjadi salah satu masalah tarikan gas mejadi tidak stabil.

Mesin motor injeksi tidak bisa dihidupkan

Tanda-tanda lain mesin motor mulai rusak pada motor injeksi adalah mesin motor yang tiba-tiba tidak bisa dihidupkan. Ada beberapa penyabab dari masalah ini. Bahan bakar yang bercampur dengan kotoran akan membuat sistem pembakaran bermasalah dan mesin tidak bisa dinyalakan.

Kebocoran pada intake atau saluran pemasukan juga bisa menjadi salah satu penyebabnya. Prinsipnya, jika mesin tiba-tiba tidak bisa dihidupkan, komponen mesin yang berkaitan dengan proses pembakaran pasti ada yang bermasalah. Mulai dari bagian untuk supply bahan bakar hingga pada bagian pembakarannya.

Pada mesin injeksi, jika aki sudah soak, mesin juga akan sulit dihidupkan. Pasalnya pada teknologi injeksi, injektor yang menyemprotkan bahan bakar membutuhkan listrik untuk bisa bekerja dengan optimal.

Motor sering mati mendadak

Kondisi lainnya yang juga merupakan salah satu tanda kerusakan mesin motor injeksi adalah mesin yang tiba-tiba mati mendadak. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah overheating.

Overheating ini adalah kondisi dimana mesin motor cepat panas. Apalagi mesin motor dengan power besar seperti Jupiter Z. Mesin Jupiter Z cepat panas dan lebih riskan mengalami overheating.

Untuk mencegah kondisi ini, anda harus memilih oli mesin yang tepat dan harus dilakukan pergantian oli secara berkala. Segera bawa ke bengkel jika kondisi ini terjadi. Jika dibiarkan terus menerus, mesin motor cepat mati akan semakin membuat tidak nyaman.

Penyebab lainnya adalah kompresi yang bocor. Kotoran pada udara yang tidak bisa disaring akan masuk dalam ruang kompresi dan menyumbat dinding pistor dan silinder. Hal ini akan membuat kompresi menjadi bocor dan mesin akan tiba-tiba mati.

Bau gosong atau sangit

Jika anda mencium bau gosong atau sangit, itu merupakan salah satu tanda mesin motor mulai rusak. Hal ini terjadi karena beberapa penyebab, diantaranya adalah oli mesin yang bocor. Oli mesin yang bocor akan terkena panas dan kemudian bocor. Jika oli terus menerus dibiarkan bocor, mesin motor akan cepat bau dan akan semakin rusak.

Menggunakan oli mesin yang tidak sesuai dengan motor juga bisa menjadi masalah. Anda harus memilih oli yang tidak cepat panas dan oli dengan kekentalan yang sudah disesuaikan dengan jenis motornya.

Mesin sering brebet

Jika anda merasakan mesin terasa brebet, bisa jadi injektor motor mengalami masalah. Tanda mesin motor mulai rusak pada motor injeksi yang paling umum terjadi adalah kerusakan pada injektor ini.

Pembukaan injektor yang tidak maksimal akan membuat suplai bensin menjadi sedikit sehingga proses pembakaran menjadi tidak optimal. Suplai bahan bakar yang tidak stabil kemudian membuat mesin menjadi terasa brebet.

Mesin yang sulit di nyalakan juga merupakan tanda dari kerusakan injektor. Saat injektor mengalami kerusakan, campuran bahan bakar akan menjadi kurus (lebih banyak udara daripada bahan bakar) sehingga saat dinyalakan akan sulit untuk menyala.

Untuk mencegah hal ini terjadi, anda juga harus memperhatikan jenis bahan bakar yang anda gunakan. Pastikan anda menggunakan bahan bakar dengan nilai oktan tinggi.

Itu dia beberapa tanda-tanda yang bisa anda temui saat mesin motor mulai rusak terutama untuk motor injeksi. Jika sudah merasakan tanda-tanda di atas, segera lakukan pengecekan dan perbaikan segera. Jika dibiarkan berlarut-larut, kerusakan akan semakin parah. Selain itu pastikan anda melakukan servis dan ganti oli secara rajin dan berkala.

3 Oli Motor Matic Yang Harus Diganti Secara Rutin

3 Oli Motor Matic Yang Harus Diganti Secara Rutin

Motor matic saat ini tengah jadi andalan. Hanya perlu gas dan rem, motor matic sangat pas dikendarai untuk aktifitas harian. Karena sangat mengandalkan kemampuan mesin dan rem, ganti oli motor matic terutama oli mesin, oli gardan dan oli rem perlu anda perhatikan.

Dengan perawatan yang tepat, motor matic anda akan lebih awet dan masa gunanya bisa lebih panjang. Tentu anda menginginkan kendaraan anda terasa nyaman bukan. Maka dari itu, pastikan anda melakukan perawatan dengan baik.

Dibawah akan dijelaskan tentang waktu ideal ganti oli motor matic sebagai salah satu perawatan motor matic yang perlu diperhatikan.

oli mesin - speedpartsrus.com

Penggantian Oli Mesin

Oli sangat dibutuhkan untuk melumasi komponen-komponen dalam kendaraan yang saling bersinggungan supaya tidak mudah aus. Oli mesin digunakan untuk melumasi komponen-komponen yang ada di dalam mesin yang bekerja saling besinggungan.

Untuk waktu penggantian, skala waktu ganti oli motor matic untuk oli mesin jauh lebih sering dibanding oli gardan. Mesin bekerja secara terus menerus. Oli yang ada dalam mesin secara terus menerus juga akan melumasi komponen mesin yang bekerja.

Semakin lama, oli mesin akan mengalami penurunan kualitas. Kekentalan oli akan menurun. Oli yang sudah encer tidak akan bisa melumasi komponen mesin dengan baik. Selain penurunan kualitas, kuantitas atau jumlah oli juga akan berkurang.

Jika keadaan ini tetap dibiarkan, komponen mesin akan cepat mejadi aus. Dalam kondisi yang semakin parah, anda harus turun mesin untuk memperbaiki motor matic supaya bisa digunakan dengan normal kembali. Tentu ini membutuhkan biaya yang cukup mahal.

Anda harus memperhatikan kapan waktu penggantian oli mesin yang ideal kinerja pelumasan mesin akan terus optimal. Standar yang disarankan oleh pabrik, ganti oli motor matic untuk oli mesin adalah setiap jarak tempuh kendaraan sudah mencapai kilometer 2000 sampai dengan 3000 km atau jika sudah mencapai 2-3 bulan sejak penggantian oli terakhir.

Penggantian ini menyesuaikan mana yang lebih dulu dicapai. Jadi misalnya, anda sering menggunakan kendaraan dalam jarak tempuh yang jauh setiap harinya, kendaraan tentu akan lebih cepat mencapai 2000 km – 3000 km bahkan kurang dari 2 bulan penggunaan. Jika sudah seperti ini, segera lakukan penggantian oli mesin.

Apabila motor matic anda jarang digunakan, atau sering digunakan tapi dalam jangka waktu 2-3 bulan jarak tempuhnya belum mencapai 2000-3000 km, anda tetap harus mengganti oli mesin.

Jadi, pastikan untuk mengingat waktu terakhir anda ganti oli dan pastikan juga speedometer anda aktif supaya penghitungan jarak tempuh bisa tercatat.

Jika anda bisa rutin melakukan penggantian oli mesin, motor matic anda pasti akan lebih nyaman saat dikendarai dan akan lebih awet.

 

Penggantian Oli Gardan

Selain mengganti oli mesin, ganti oli motor matic yang lain adalah ganti oli motor gardan. Dibandingkan penggantian oli mesin, penggantian oli garda jauh lebih lama jangka waktunya. Pastikan anda menandai waktu ideal penggantian oli gardan,karena jangka waktunya yang lebih lama, kadang malah sering terlupakan.

Oli gardan sendiri berfungsi untuk melumasi sistem transmisi pada motor matic. Dengan kata lain, saat ganti oli gardan kita sedang ganti oli motor transmisi.

Idealnya, oli gardan diganti setiap 2 kali ganti oli mesin. Atau perbandingannya 2:1. Hal ini mengacu pada standar penggantian mesin motor matic yang berbeda untuk tiap pabrikan. Meski umumnya menyarankan 2000-3000 km, ada juga yang menyarankan setelah jarak tempuhnya 4000 km.

Jadi untuk memudahkan, penggantian oli gardan bisa dilakukan setiap 2 kali penggantian oli mesin. Jadi jika anda menggunakan standar 2000 km untuk penggantian oli mesin, jadi anda harus mengganti oli gardan pada saat masuk 4000 km.

Jika anda melakukan pergantian oli mesin tiap 4000 km, anda harus mengganti oli gardan pada saat jarak tempuh motor sudah mencapai 8000 km.

Selain patokan jarak tempuh, anda juga bisa menggunakan patokan waktu. Standarnya, anda harus mengganti oli gardan saat sudah 8 bulan setelah penggantian terakhir.

Penggantian oli gardan ini perlu diperhatikan supaya sistem transmisi motor matic bisa berjalan dengan baik. Jika anda membiarkan oli gardan kering, tanda-tanda yang biasa akan terasa adalah bunyi berisik di bagian gardan. Jika terus dibiarkan, komponen gardan akan aus dan perlu perbaikan yang harganya cukup mahal.

 

Penggantian Oli Rem

Motor matic umumnya menggunakan rem cakram. Rem cakram ini menggunakan cairan untuk menjalankan sistem pengereman. Cairan itulah yang dinamakan oli rem. Ganti oli rem motor perlu anda perhatikan dengan baik, pasalnya motor matic sangat bergantung pada sistem pengereman. Jika rem anda blong, keselamatan anda akan jadi pertaruhan.

Lalu kapankah waktu ideal ganti oli motor matic untuk oli rem? Tiap pabrikan biasanya memberikan standar yang disarankan. Namun umumnya disarankan pada jarak tempuh kendaraan 20.000 km.

Meski rem terasa masih normal saat sudah menempuh 20.000 km, disarankan untuk tetap melakukan penggantian. Pasalnya oli rem bisa berkurang juga meski tidak sepenuhnya habis. Jika sudah mengalami pengurangan, kinerja rem pasti juga menurun.

Itu dia 3 jenis ganti oli motor matic yang perlu anda perhatikan. Teruslah melakukan perawatan berkala pada motor supaya anda nyaman dan aman dalam berkendara.

 

7 Bahaya Sering Bongkar Karburator Motor

7 Bahaya Sering Bongkar Karburator Motor

7 Bahaya Sering Bongkar Karburator Motor – Pemilik motor karbu pasti paham gimana gregetnya bisa bongkar pasang motor karbu. Sebab motor keluaran jadul ini setelah dipakai sekian lama banyak mengalami masalah ini dan itu. Kini dalam perkembangannya motor karbu mulai ditinggalkan dan diganti dengan motor injeksi atau yang biasa dikenal sebagai teknologi EFI (Electric Fuel Injection) yang artinya bahan bakar bisa langsung terkomputerisasi. Keren!

Balik lagi to the topic, asik. Anda yang suka iseng bongkar pasang karburator motor perlu paham bahwa akan ada konsekuensi yang ditimbulkan. Apalagi jika Anda kurang berpengalaman dan hanya terima bongkar terima kasih hehe, motor karbu yang sering Anda bongkar akan mengalami beberapa masalah. Bahkan bisa-bisa akan berbahaya saat Anda gunakan nantinya. Karburator sendiri adalah alat yang berfungsi sebagai pengatur percampuran udara dan bahan bakar dalam proses pembakaran dalam mesin kendaraan karena alat ini sangatlah vital.

Lalu pertanyaan Anda, “lah kalau di bengkel juga dibongkar kan?” Yap betul! Sekalipun Anda pergi ke bengkel-bengkel pinggir jalan di Eropa pasti bakal dibongkar. Para teknisi membongkar pasang karburator mereka saat sedang melakukan service rutin. Bahkan teknisi-teknisi dulu selalu menyarankan untuk bongkar karburator supaya alat vital motor ini jangan bermasalah.

bahaya sering bongkar karburator motor - speedpartsrus

Minimal saat kita service dan ganti oli setiap 2.000 – 3.000 km atau sebulan sekali, karburator motor kita wajib diservis. Katanya agar motor nggak berebet akibat karburator kemasukan benda asing atau kotoran dari bahan bakar yang dikonsumsi motor. Kerak sisa pembakaran inilah yang kemudian mewajibkan motor perlu dibersihkan karburatornya.

Ternyata, sering mengutak-atik kaburator motor tak selalu bersifat positif, bahkan ada kalanya kebiasaan untuk bongkar pasang kaburator dapat membawa bencana pada motor Anda. Karena sebenarnya komponen satu ini tak perlu terus-menerus untuk dibongkar pasang, sebab sebaiknya kita hanya membongkar karburator jika jalur bensin mampet dan tidak bisa dibersihkan dari luar. Selebihnya ya cukup menyetel settingan angin karburator motor kita saja.

Apa sih akibatnya kalau kita sering bongkar pasang karburator? Berikut ini adalah beberapa efek negatif jika kita terlalu sering bongkar pasang karburator.

 

Tarikan Motor Lambat

Tarikan motor yang semakin berat mungkin pernah dialami banyak pemilik motor lama. Tidak terkecuali motor matic yang usianya sudah bertahun-tahun, apalagi jika motor Anda masih menggunakan mesin karburator. Perlu dipahami bahwa ada satu komponen penting dalam mesin yang dapat membuat motor Anda tetap hidup. Dan itu adalah komponen bahan bakar. Tersumbatnya bahan bakar tentu dapat menyebabkan tarikan motor jadi berat. Jika Anda sering membongkar pasang motor dan tidak memperhatikan setelan karburatornya, maka bisa-bisa malah membuat saluran karbu Anda menyumbat aliran udara dan bahan bakar.

 

Motor jadi susah hidup

Keluhan yang sering dialami oleh para pengguna motor karbu adalah mesin brebet di RPM rendah. Pasti kondisi ini akan sangat menyebalkan jika Anda lagi ada di jalanan macet. Hal ini biasanya ditandai dengan mesin telat merespon pembuka gas, akhirnya suara brebet keluar sebelum akhirnya mesin motor mati. Kejadian ini biasanya diakibatkan oleh setting-an karburator yang kurang tepat. Sebenarnya untuk mengatasi hal ini Anda hanya perlu mengganti pilot jet yang sesuai dengan ukurannya. Namun jika Anda kurang berpengalaman dan pengetahuan soal hal ini, bisa-bisa dimensi pilot jet yang salah yang Anda pasang. Ujung-ujungnya jangan heran jika akan menyusahkan setingan karburator.

 

Motor ngempos

Selain karena pilot jet, karburator yang tersumbat oleh kotoran karena salah bongkar pasang dapat membuat masalah pada motor matic. Di antaranya masalah ini seperti turun mesin, motor cepat panas, keluar asap, dan mati mendadak. Jadi, meski Anda sudah menarik gas dengan maksimal, motor tidak akan melaju juga.

 

Bahaya Lain Bongkar Karburator Motor

Sering bongkar pasang karburator adalah hal yang berbahaya, terlebih jika Anda suka memodifikasinya. Sebab ada beberapa komponen dalam karburator yang akan mengendur dan akhirnya rusak bila tidak segera ditangani. Misalnya seperti derat pada baut karburator akan cepat rusak bahkan dol. Pemutaran drat baut karburator dengan kasar akan menyebabkan drat-drat menjadi aus.

Bongkar karburator yang terlampau sering juga bisa menyebabkan bagian seal karburator menjadi cepat longgar. Sebaiknya hanya membongkar karburator hanya kalau ada kotoran debu atau air yang masuk, dan setting karburator saja jika ada yang kurang enak pada motor.

Karburator bocor gara-gara salah bongkar karburator juga bisa lho. Membran sendiri adalah alat yang terbuat dari bahan karet di karburator vakum dan memiliki peran sangat penting. Hampir semua mekanik biasanya melarang pemilik motor membuka bagian penting karburator karena jika tidak ahli sangatlah berbahaya. Sebab peranti satu ini akan sangat mudah rusak karena sering diutak-atik, apalagi jika kita menggunakan obeng untuk menyentuh membran ini. Karena bagian ini memang sangatlah sensitif.

Terakhir, jangan salahkan siapa-siapa jika karburator jadi cepat jebol. Sekali lagi, perawatan dan perlakuan yang keliru menyebabkan karburator sepeda motor cepat rusak, misalnya tuas gas sering ditarik ulur buat mainan akibatnya karburator membuat motor jadi, bensin rembes keluar dan motor susah dihidupkan.

Itulah 7 bahaya sering membongkar karburator yang bisa Anda alami sewaktu-waktu. Karena itu daripada membongkar karburator motor sendiri lebih baik bongkar rahasia teman Anda, lho salah. Carilah orang yang berpengalaman, dalam hal ini tentu saja mekanik di bengkel yang terpercaya. Apalagi sekarang sudah ada teknologi terbaru servis motor tanpa bongkar pasang motornya.

Cukup dengan cairan auto clean up dan auto tune up yang bisa membersihkan saluran bahan bakar karburator sampai tuntas. Lagi pula, jaman sudah berubah dan semakin canggih, semua dapat diatasi dengan sistem komputerisasi. Termasuk dalam servis motor. Jadi, daripada bikin susah hidup Anda sendiri membongkar pasang karburator motor dengan risiko tinggi, lebih baik servis motor Anda di tangan yang sudah ahli. Semoga bermanfaat!

Baca juga: Berapa sih Tekanan Ban Ideal bagi Motor Anda?

Berapa Sih Tekanan Ban Ideal bagi Motor Anda?

Tekanan Ban Ideal bagi Motor - sparepartsrus.comSalah satu bagian vital motor yang jarang diperhatikan oleh pemiliknya adalah bagian ban. Biasanya orang paling malas kalau sudah disuruh memeriksa tekanan bannya secara rutin, kalau sudah kempes atau bocor, mereka baru sadar soal pentingnya ban. Kalo nggak ya biasanya disepelein.

Padahal yang namanya tekanan angin atau nitrogen pada ban sangatlah penting dan kalau tidak diperhatikan bisa mencelakakan kita, karena ban motor Anda bisa tiba-tiba saja meledak dan Anda kehilangan kontrol terhadap ban Anda.

Atau paling tidak, jika ban Anda sampai bocor atau meledak, Anda akan kehilangan banyak waktu gara-gara kurang memperhatikan tekanan ban Anda itu.

 

Jadi sebenarnya berapa sih tekanan ban ideal untuk motor Anda?

Simpelnya sih, tekanan angin atau nitrogen pada ban yang baik adalah tidak boleh terlampau tinggi dan juga tidak boleh terlampau rendah. Karena itu tadi, ban Anda bisa pecah sewaktu-waktu.

Isilah ban Anda pas sesuai yang ada pada petunjuk masing-masing jenis motor. Karena jenis motor Honda, pastilah akan berbeda dengan jenis motor Yamaha atau Suzuki. Jadi tidak boleh asal-asalan mengisi angin atau nitrogen. Perhatikan betul tekanan ideal yang dianjurkan oleh merek motor Anda.

Selain itu jenis ban tubless juga pasti akan berbeda dengan jenis ban yang menggunakan ban dalam. Jenis vleg racing juga pasti berbeda dengan jenis vleg biasa. Itu sebabnya, jangan asal-asalan saja dalam hal tekanan ban Anda.

Kalau Anda sadar, tekanan ban Anda itu sedikit banyak juga pasti berpengaruh kepada kemampuan manuver dan handling motor Anda. Tekanan angin ban motor yang kurang dan tidak sesuai dengan rekomendasi pabrikan, tentu akan mengganggu Anda dalam bermanuver menggunakan motor Anda.

Namun rata-rata tekanan angin pada ban depan pada motor bebek seperti Honda Supra X atau Yamaha MX akan berada dalam kisaran 30-31 psi dan tekanan ban belakang ada di kisaran 34-36 psi. Catatan Psi adalah singkatan dari pounds per square inch atau kekuatan tekanan per inchi persegi.

Untuk motor metik seperti Honda Beat, Honda Vario dan Yamaha Mio, pada ban depan idealnya adalah 30Psi dan ban belakang berada pada tekanan 35Psi. Kalau pun bergeser angkanya paling antara 1-2 Psi saja dari standar. Itu semua tentu untuk kenyamanan Anda.

Lalu bagaimana dengan motor-motor yang perawakannya jauh lebih besar atau motor yang masuk dalam kategori motor sport? Ya tentu saja, tekanannya juga perlu disesuaikan. Karena tekanan angin atau nitrogen untuk motor Kawasaki Ninja, Yamaha R15, dan Honda CBR, tekanan ban bagian belakang yang ideal berukuran 40Psi dan ban depan tekanannya 37Psi.

Pasti kita lalu bertanya-tanya lagi, mengapa tekanan depan dan belakang berbeda dan ban belakang pasti jauh lebih besar? Jawaban ilmiahnya adalah karena seluruh bobot motor tertumpu di bagian belakang motor, maka bagian belakang harus lebih keras. Semuanya itu tentu untuk kenyamanan Anda.

Namun kondisi ini tidak harus selamanya berlangsung begitu. Karena jika Anda sering melintasi jalan-jalan basah atau Anda berada di musim hujan, tekanan ban motor harus berbeda dengan kondisi sehari-hari. Karena sebaiknya tekanan angin atau nitrogen dalam ban harus dikurangi agar  daya cengkram ban juga semakin baik. Idealnya dikurang 2-3 psi dari yang biasanya agar Anda semakin nyaman.

Tekanan Ban Ideal bagi Motor - sparepartsrus.com

 

Jadi mulai sekarang, jangan asal-asalan mengisi tekanan ban motor Anda. Tanyakan pada mekanik yang sudah ahli di bidangnya dan usahakan datanglah pada tempat servis ban yang terpercaya. Misalnya Anda bisa mengecek dan mengisi tekanan angin ban di Planet Ban. Jika memang harus diganti maka jangan ragu membeli ban motor di Planet Ban. Ingat mencegah jauh lebih baik daripada mengobati. Jadi sebelum motor Anda mengalami masalah hanya gara-gara Anda lalai memperhatikan kondisi dan tekanan pada ban Anda, lebih baik sedikit repot menyesuaikan kondisi ideal ban yang direkomendasi oleh produsen motor Anda.

Apalagi dengan memperhatikan benar kondisi ban Anda, bukan saja Anda dapat terhindar dari masalah, tapi Anda juga dapat melakukan penghematan di sektor ban ini. Sebab jika kita merawat ban tetap dalam kondisi ideal, pastilah ban kita juga akan semakin awet dan kocek kita pun aman dari rongrongan tiba-tiba yang muncul dari motor kita. Selamat merawat ban lewat tekanan ideal yang diungkap di atas. (w2)

 

 

 

 

Cerdas Beli Spare Part Motor Bekas, Ini Tipsnya!

Cerdas Beli Spare Part Motor Bekas - speedpartsrus

Ada kalanya spare part dan komponen motor kita ada yang bermasalah. Sebenarnya gampang-gampang aja sih, yang rusak tinggal diganti saja dengan yang baru. Tetapi beberapa spare part mungkin harganya cukup mahal bila harus diganti dengan spare part yang baru. Apalagi kalau semua yang ingin diganti spare part yang asli semua. Duh, bisa-bisa uang bisa habis dalam sekejap.

Untuk mengakalinya, spare part motor bekas pun bisa menjadi pilihan. Toko-toko spare part ini pun bisa ditemui di beberapa titik di daerah Jakarta. Tentu bukan hal yang aneh jika Anda berbelanja di tempat ini sebab banyak juga orang yang akhirnya membeli spare part bekas untuk menghemat biaya.

Tetapi, membeli barang bekas tentu harus banyak yang dipertimbangkan. Sebab barang bekas pasti memiliki beberapa masalah tersendiri karena itulah si pemilik menjual spare partnya. Malah kalau Anda tidak teliti dalam membeli, Anda bisa terkena apes dan rugi yang lebih besar. Nah, karena itu sebelum membeli Anda harus memperhatikan hal-hal berikut ini!

 

Cerdas Membeli Spare Part Bekas - Speedpartsrus

Pahami komponen apa yang butuh diganti

Untuk mengetahui apa yang perlu Anda ganti, lakukan pengecekan pada motor Anda. Jika sekiranya saat dihidupkan atau dijalankan ada tarikan yang berbeda, maka komponen itulah yang bermasalah. Atau jika Anda kurang paham tentang spare part motor, Anda bisa ke bengkel dulu untuk bertanya-tanya.

Memahami komponen apa yang harus diganti tentu sangat penting dan memudahkan Anda dalam membeli spare part bekas.

 

Cari di mana pusat penjualan spare part bekas terdekat

Ada beberapa pusat penjualan spare part bekas yang sudah dari jaman lawas bertengger di sekitar ibu kota. Pasar-pasar onderdil dan spare part ini pasti akan menjadi surganya para pencari spare part bekas. Sentra penjualan spare part bekas yang bisa Anda datangi antara lain Asem Reges, Pasar Poncol Senen, Jalan Raya Bogor, Kramat Jati, dan Pal Merah. Selain itu ada juga sentra otomotif Tanah Abang dan Jalan Jati Baru, sentra spare part Kebon Jeruk 3, Sentra Pasar Minggu, Jalan Raya Lenteng Agung, Jalan Mampang Prapatan. Nah, dimana lokasi yang paling dekat dengan wilayah Anda?

 

Perhatikan fisik dan kualitas spare part yang akan dibeli

Spare part bekas tentu akan kalah jauh kualitasnya dengan spare part yang baru. Namun bukan berarti Anda tidak bisa mendapat yang bagus di pasar spare part bekas. Nah, di sinilah ketelitian Anda diuji. Perhatikan fisik dan kualitas spare part yang akan dibeli. Juga tanyakan harganya, apakah menurut Anda harga dan kualitasnya masih layak untuk dibeli.

 

Cerdas Membeli Spare Part Bekas - Speedpartsrus

Tawar harga selagi bisa

Karena bekas, ada kemungkinan harganya masih bisa Anda nego. Jika sekiranya harga spare part yang hendak Anda beli terlalu mahal, sebaiknya tawar dulu. Namun jika Anda merasa harganya masih kurang cocok maka cari penjual lain.

Yang patut diperhatikan adalah jangan sekali-kali tergoda dengan harga yang murahnya tidak masuk akal. Karena bisa jadi, harga yang sudah dibanting tidak akan bisa Anda gunakan lagi.

 

Iseng lah bertanya kenapa spare part tersebut dijual pada lapak

Tips cerdas selanjutnya adalah jangan malu bertanya alasan spare part itu dijual pada si lapak. Tidak ada salahnya kok untuk bertanya. Malah dari jawaban yang ia berikan, Anda bisa menilai apakah spare part bekas tersebut layak Anda beli atau tidak. Jika alasan yang diberikan logis, maka lanjutkanlah transaksi Anda.

Cerdas Membeli Spare Part Bekas - Speedpartsrus

Beli spare part bekas online?

Jaman sekarang, semuanya bisa Anda beli secara online. Namun amankah membeli spare part bekas secara online? Membeli spare part bekas online tentu ada risikonya tersendiri. Sebab Anda tidak dapat memegang dan melihat langsung barang yang hendak dibeli. Jadi ada kemungkinan Anda mendapat spare part dengan kualitas yang rendah. Namun jika Anda tetap ingin bertransaksi online, pilihlah layanan COD. Sehingga Anda bisa membayar setelah barang dikirim ke rumah Anda.

Itulah cara cerdas membeli spare part bekas yang bisa Anda terapkan sebelum membeli. Membeli spare part bekas tentu ada untung-ruginya. Keuntungannya Anda bisa mendapatkan harga yang jauh lebih miring dibandingkan harga aslinya. Namun ada pula kemungkinan spare part tersebut akan merusak komponen yang lainnya. Namun, yang lebih penting adalah, rawat motor Anda secara rutin agar terhindar dari kerusakan berat. Tentu ini akan lebih baik daripada Anda harus mencari spare part untuk mengganti komponen motor Anda. Servislah di tempat yang terpercaya, di Planet Ban misalnya. Di Planet Ban Anda dapat melakukan servis dan mengganti ban motor dengan aman dan tanpa antri! Anda pun dapat berkonsultasi dengan nyaman pada mekanik yang ada di Planet Ban. Daripada mengobati, lebih baik mencegahnya dulu ‘kan?

 

Baca juga:

Cara Merawat Ban Motor Matic Lebih Awet

Cara Merawat Ban Motor Matic Lebih Awet

Sebagai rider harian, kadang kita lalai memperhatikan kondisi ban motor kita. Ya, lumrah halnya jika Anda hanya punya sedikit waktu untuk mengurus motor karena terlalu sibuk bekerja. Padahal pengecekan ban merupakan hal yang sangat penting untuk memberi rasa aman saat berkendara.  

Tahukah Anda, jika pengecekan ban jarang dilakukan bisa-bisa kondisi ban yang semakin parah akan mencelakakan penggunanya. Kalau sudah begini, siapa yang patut disalahkan? Tentu diri kita sendiri sebagai pemilik motor. Memang kalau dipikir-pikir, merawat motor sama halnya dengan merawat tubuh kita sendiri. Kesehatan itu mahal ‘kan?

Jika setidaknya kita bisa berkorban sedikit untuk pengecekan ringan ini, Anda tentu tidak perlu menghabiskan waktu dan uang yang banyak. Cek ban motor matic secara berkala akan mempermudah pekerjaan Anda. Sebab jika kita merawat ban kendaraan kita secara teratur, ban kendaraan akan lebih awet dan tak cepat rusak.

Lalu, bagaimana caranya merawat ban motor matic supaya lebih awet? Simak tips berikut ini!

 

Sesuaikan ban dengan ukuran velg AndaCara Merawat Ban Motor Matic Lebih Awet - speedpartsrus.com

Hal pertama yang sering diabaikan oleh sejumlah pengguna motor adalah lalai memperhatikan ukuran ban dengan velg. Padahal pabrik sudah mengeluarkan aturan tertentu untuk setiap produk yang dikeluarkan. Namun terkadang kita sebagai pemilik suka memodifikasi tanpa memperhitungkan hal tersebut, akibatnya kerja ban jadi lebih berat dan laju kendaraan ikut terkendala. Efek sampingnya selain kerap merusak ban, juga membuat boros kendaraan yang Anda pakai.

 

Selalu rutin periksa tekanan kondisi ban

Cara Merawat Ban Motor Matic Lebih Awet - speedpartsrus.com

Ban yang sudah lama dipakai akan ada masanya untuk aus. Lalu, bagaimana caranya supaya ban motor yang kita gunakan tidak cepat aus adalah dengan melakukan cek ban secara berkala. Dengan membiasakan diri mengecek tekanan angin pada ban, membuat tekanan akan stabil dan menyebabkan kerja ban akan semakin ringan. Selain itu Anda juga dapat terhindar dari kecelakaan yang tidak kita inginkan akibat gesekan ban dan aspal yang membuat ban cepat panas dan akhirnya meletus tanpa Anda perkirakan. Tekanan ban yang ideal biasanya tercantum pada stiker di bagian dalam pintu mobil atau chasis motor Anda. Sebaiknya pengukuran tekanan ban dilakukan saat ban dalam keadaan dingin dan jangan dalam keadaan panas. Hal ini dimaksudkan agar saat pengecekan, tekanan ban Anda dapat diukur secara optimal.

Motor matic dengan bobot ringan membutuhkan tekanan angin pada roda depan sekitar 28 sampai 30 PSI (pounds per square inch). Artinya, Anda bisa menggunakan 28 PSI jika sepeda motor Anda lebih sering digunakan sendiri, sementara tekanan angin 30 PSI adalah jika motor Anda digunakan untuk berboncengan atau menanggung beban berat.

Untuk roda belakang motor matic dan bebek, tekanan yang dipakai sekitar 34 – 36 PSI. Sama seperti di atas, tekanan 34 PSI untuk berkendara sendiri dan 36 PSI adalah untuk pengguna yang berboncengan atau membawa beban tambahan.

 

Cek kondisi pentil ban kendaraan

Cara Merawat Ban Motor Matic Lebih Awet - speedpartsrus.com

 

Coba cek kembali, apakah di ujung tutup angin ban Anda masih terpasang pentil dengan benar? Ini penting sebab jika pentil ban kita tidak dalam keadaan tertutup akan menyebabkan berkurangnya tekanan angin pada kendaraan saat roda berputar. Dan jika hal ini terus dibiarkan dalam waktu yang lama, maka performa ban pada roda kita akan menurun dan kerja ban jadi lebih berat. Dan seperti sudah dijelaskan di atas bahwa berkurangnya tekanan akan membuat ban jadi cepat aus.

 

Perhatikan juga bobot beban yang akan diangkut oleh motor matic Anda

Cara Merawat Ban Motor Matic Lebih Awet - speedpartsrus.com

Pernah melihat pengendara yang membawa barang hingga membumbung tinggi? Inilah salah satu hal yang sering menjadi masalah sering rusaknya motor Anda. Karena beban yang berlebihan itu dapat menyebabkan tekanan ban semakin besar dan sangat berbahaya. Maka idealnya kita tidak mengangkut barang dalam jumlah yang terlalu banyak. Jika memang harus membawa boncengan yang berat, sebaiknya lakukan secara mencicil.

 

Jangan terobos jalan berlubang

Cara Merawat Ban Motor Matic Lebih Awet - speedpartsrus.com

Siapa pula yang ingin menerjang jalan berlubang? Mungkin itulah yang Anda pikirkan. Yup, sebaiknya perhatikan benar-benar jalan yang Anda lalui, terutama yang perlu Anda hindari adalah jalan-jalan berlubang. Ada kalanya kita sering menerjang lubang yang ada pada jalan. Alasannya tidak melihat atau sudah tanggung. Padahal dengan menerjang lubang secara perlahan akan merusak ban Anda. Bahkan jika “terobosan” yang Anda lakukan terhadap lubang menyebabkan guncangan cukup keras akan membuat ban Anda jadi benjol-benjol atau ban jadi tidak seimbang lagi. Karena itu sebisa mungkin hindari lubang pada jalan yang Anda lalui.

Itulah beberapa cara penting yang perlu Anda perhatikan dalam merawat ban motor matic lebih awet. Semoga bermanfaat!

THR Buat OJOL? Begini Kiat-Kiatnya

THR Buat OJOL? Begini Kiat-Kiatnya

Transportasi online atau kerap disebut dengan ojek online (Ojol) telah menjadi salah satu transportasi Andalan bagi sejumlah daerah di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek). Apalagi tingkat kepercayaan masyarakat terhadap jasa transportasi online ini sedang tinggi-tingginya.

Foto: Ilustrasi Ojek Online, uangonline.com

Maka tak heran kalau ojek online telah menyediakan lapangan kerja baru bagi siapa saja. Bahkan bagi para driver ojek online, keberadaan ojek berbasis aplikasi ini telah membuat perekonomian mereka meningkat.

Ada yang menjadikan ojek online sebagai sumber penghasilan utama, tapi ada juga yang menganggapnya sebagai “usaha iseng-iseng” saja. “Ah, yang penting ada pemasukan, beberapa trip sehari sudah cukup,” begitu kata penarik ojek online sambilan.

Bagi para driver “Ojol full timer”, tentu mereka ingin meraih sebanyak-banyaknya trip agar bonusnya pun luar biasa. Karena dalam setiap target trip yang bisa mereka lalui, ada bonus menanti di depan mati. Semakin banyak tingkatan trip, maka bonusnya juga akan semakin tinggi. Bahkan ada kelakar bahwa mereka rela tua di jalan, mungkin mirip nyanyian band Armada, “Pergi Pagi, Pulang Pagi”.

Konsep “pergi pagi, pulang pagi” inilah sebenarnya kurang sehat bagi para driver ojol. Sebab selain mempengaruhi kesehatan tubuhnya, ritual pergi pagi pulang pagi ini juga membuat soak motor yang mereka tumpangi.

Adakalanya driver kurang memikirkan kondisi ini sehingga kecenderungan memaksakan diri adalah keputusan yang diambil. Akibatnya, terkadang kita mendengar cerita ada driver ojol yang terkapar di jalan karena kecapean. Repotnya lagi kalau mereka sampai jatuh sakit dan dirawat, karena secara otomatis selain memangkas jumlah tabungan juga bisa menghilangkan pendapatan sama sekali.

Maka sebenaranya bagaimana sih cara agar para driver ojol bisa mendapatkan penghasilan maksimal tanpa harus memforsir tenaganya.

  1. Sayangilah badan Anda. Kita tahu bahwa tubuh kita memiliki spare part yang tidak dijual di pasaran umum. Karena itu menjaga kondisi badan jauh lebih penting daripada memforsir tubuh Anda tanpa jeda istirahat. Sebab kekuatan tubuh manusia maksimal hanya 8 saja, jadi idealnya menariklah pada jam-jam sibuk saja dimana poin Anda tetap cukup tinggi, walau hanya menarik beberapa order. Contoh Anda bisa keluar jam 5 – 8 pagi untuk mengantar anak sekolah dan karyawan berangkat, kemudian beristirahatlah. Lalu kembali keluar jam 12- 13 untuk mengantar anak sekolah atau karyawan makan siang. Dan ketiga Anda kembali keluar menuju statsiun atau pusat perkantoran pada jam 15 – 19. Kemudian beristirahatlah untuk persiapan esok hari.
  2. Dengan pola narik seperti di atas, Anda juga telah menghemat sparepart motor Anda. Kalau motor terus diforsir akibatnya banyak komponennya yang rusak sebelum waktunya. Atau paling tidak Anda harus mengganti oli atau ban jauh lebih cepat. Sementara Anda akan mustahil jika terus mengejar bonus maksimal. Buat apa bonus maksimal jika motor cepat rusak, akhirnya bengkel dan dokter yang menikmati hasil kerja keras Anda. Kalau uang itu Anda tabung, toh nanti Anda bisa menciptakan Tunjangan Hari Raya (THR) Anda sendiri.
  3. Belilah selalu produk-produk berkualitas di toko-toko onderdil yang punya jaminan seperti Planet Ban. Agar barang yang Anda beli bisa berumur cukup panjang dengan demikian Anda bisa menyisihkan uang pembelian oli atau ban yang mungkin untuk 2 kali jadi cukup satu kali ganti saja dalam sebulan. Selain itu dengan adanya program-program promo yang digelar sepanjang tahun 2018 ini, Anda bisa memangkas biaya hingga 25 persen tergantung promo yang ada. Uangnya bisa Anda tabung sebagai THR Anda kelak. Tak Cuma itu, kalau Anda beruntung bukan tidak mungkin Anda juga bisa memenangkan hadiah milyaran dalam promo Planet Ban yang digelar sampai akhir tahun 2018 ini.

Demikian cara mendapatkan THR bagi para pengemudi ojek online, semoga tulisan ini bisa bermafaat. Silakan Anda mempersiapkan THR Anda sendiri. (red)